Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pemkab Sumedang Alokasikan Rp.14 Miliar Untuk Hibah Keagamaan


SUMEDANG, sundarayanews com - Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang mengalokasikan anggaran dari APBD 2024 senilai Rp 14 miliar untuk hibah keagamaan kepada 31 lembaga. Hibah keagamaan ini naik dari tahun 2023, tahun lalu dialokasikan Rp 12,7 miliar.


Kabag Kesra Saeful Amin menyampaikan, sebelumnya Tahun 2023 hibah keagamaan sebesar Rp.12,7 miliar, pada tahun 2024  ditingkatkan menjadi Rp.14 miliar.


"Hibah diberikan kepada 31 lembaga diantaranya hibah uang kepada Kemenag untuk fasilitasi pemberangkatan dan pemulangan haji serta bantuan profesi guru atau PPG PAI, hibah uang kepada BAZNas, MUI, Pondok Pesantren, Masjid, Madrasah dan lembaga keagamaan lainnya," kata Kabag Kesra disaat Kegiatan Sinergitas Pembangunan Keagamaan dalam Rangka Pencegahan Stunting dan Penanggulangan Kemiskinan Tahun 2024 di Aula Tampomas Pusat Pemerintahan Sumedang (PPS), Senin (22/1/2024).


Dikatakannya, pada tahun 2024 para penerima hibah telah berkomitmen mendukung sepenuhnya program Pemda Kabupaten Sumedang khususnya dalam pengentasan kemiskinan dan penurunan stunting. “Komitmen tersebut diwujudkan dalam bentuk kolaborasi dan sinergitas program pengentasan kemiskinan dan penurunan stunting melalui edukasi, sosialisasi dan fasilitasi program lainnya,” kata Saeful Amin.

Pj Bupati Sumedang Herman Suryatman mengharapkan, lembaga lembaga keagamaan bisa membantu Pemkab Sumedang, bukan hanya dalam meningkatkan keimanan dan ketaqwaan saja akan tetapi membantu meningkatkan kesejahteraan warga masyarakat Sumedang.

"Tokoh tokoh agama Kabupaten Sumedang bahu-membahu dengan kami turut menurunkan angka kemiskinan, stunting dan pengangguran. Intinya hablum minnallah dan hablum minannas, dorong bersama-sama," ujarnya.


Herman juga mengatakan, niat baik di awal tahun 2024 melalui upaya yang dilakukan pemkab bersama lembaga ini, diharapkan bisa menciptakan kebahagiaan dunia dan akhirat tercapai. Ia menghimbau, untuk bersama sama dalam membangun Sumedang dengan niat ibadah dan niat untuk memberikan kemanfaatan bagi sesama. Insya Allah Sumedang akan maju dan penuh dengan berkah. Tentu ini adakah bagian dari ikhtiar yang mudah mudahan mendapat ridho dari Allah SWT," katanya.

Jurnalis : Ghalih C (IWOI SMD) / Hms
Editor    :  MR