Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sempat Resahkan Warga, Sampah di Bawah Jembatan Selokan Cikopeah Kini Dibersihkan


SUMEDANG, SundaRayaNews.Com - Adanya tumpukan sampah dibawah Jembatan Selokan Blok Cikopeah RT 03 RW 01 Kelurahan Kota Kaler, Kecamatan Sumedang Utara Kabupaten Sumedang, yang sempat resahkan warga, kini mulai ditangani untuk dibersihkan. Dengan melibatkan pihak Kelurahan Kota Kaler, Kelurahan Situ dan pihak Desa Kebonjati Rabu (13/12/2023)  

Kegiatan penanganan sampah tersebut dilakukan secara swadaya oleh pihak Kelurahan Situ, Kelurahan Kota Kaler juga oleh pihak Desa Kebonjati, dengan dibantu oleh pihak LH, unsur masyarakat, anggota Babinsa dan jajaran Koramil Kota. Turut hadir dalam kegiatan tersebut H Dadang Lurah Kota Kaler dan Jajang Kades Kebonjati   


Saking banyaknya sampah di bawah jembatan selokan, penangananya tidak akan selesai dalam satu hari. "Insya Alloh hari minggu akan ada rencana menggerakan warga dari kelurahan Kotakaler dan Desa Kebonjati", kata Ena selaku Ketua RT 03 RW 10 Kelurahan Kotakaler.  


Udin salah seorang warga Kelurahan Kotakaler mengatakan ke awak media SundaRayaNews.Com, "Runtah teh sesah palidna margi kahalangan ku regang regang awi, upami teu aya regang awi mah tiasa palid ku cileuncang ge",  ( sampah itu susah hanyutnya, karena terhalang rengrang - rengrang bambu, kalau tidak ada rengrang bambu lancar hanyutnya.red) katanya. 


Pada kesempatan itu, Babinsa Kotakaler Ate Subrata mengatakan", Dari koramil Kota tadi ada sekitar enam orang yang turun membersihkan sampah, karena pada ada kepentingan, tinggal tiga orang", ujarnya  Lanjut Ate, " Kami siap membantu untuk pengangkatan sampah namun tidak akan selesai satu hari, kemungkinan dua sampai tiga hari baru bisa bersih. Pihak kami akan bekerja sama warga masyarakat Kelurahan Kotakaler dan warga masyarakat Giriharja Desa Kebonjati semoga sampah cepat bisa cepat bersih supaya airnya lancar mengalir", pungkasnya.  Jurnalis : Sujana (Ki Aprak) Editor    :  MR