Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

SD Negeri Jatiroke II Sekolah Besar Tidak Memiliki Perpustakaan

Kamal Kurnia Cahya, Kepala Sekolah SD Negeri II Jatiroke Kabupaten Sumedang

SUMEDANG, SundaRayaNews.Com -- Dengan jumlah 385 siswa, SD Negeri Jatiroke II di Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang Jawa Barat,  tergolong sekolah besar. Ironisnya,  sekolah ini hingga sekarang belum punya ruangan perpustakaan. Ratusan buku bacaan tercecer dalam rak / lemari di tiap kelas


Dikatakan Kamal Kurnia Cahya, Kepala SD Negeri Jatiroke II kepada Jurnalis SundaRayaNews.Com, beberapa waktu lalu, karena tidak memiliki perpustakaan, anak-anak untuk menambah wawasan di bidang literasi dan numerasi menjadi tidak nyaman.


" Tempat untuk ruangan perpustakaan itu ada tinggal ngecor. Bisa satu ruangan untuk kelas dan satu ruangan lagi untuk perpustakaan. Hanya, sayang, bantuan tidak kunjung datang. Padahal, saya telah ngomong kepada Bupati Sumedang era Don Murdono, Pak Kadisdik Sumedang termasuk Pak Kasi Sapras", ujar Kepsek.

Di bidang prestasi, lanjut Kepsek Kamal Kurnia Cahya, SD Negeri Jatiroke II termasuk sekolah langganan juara. Pada Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) baru lalu, sedikitnya enam prestasi telah digondol. Tiga siswa raih juara 1,  satu siswa raih Juara 2 dan satu siswa lagi dapat juara harapan.


Selain prestasi dalam event tahunan, Kepsek merasa bangga dengan guru-guru di SD Negeri Jatiroke II bisa menciptakan unggulan-unggulan di bidang keagamaan, " Bu Leni, satu contoh, memberikan ilmu-ilmunya dibidang penulisan Al Qur'an dan Kaligrafi. Guru olahraga berpresrasi di bidang futsal, kembangkan futsal kepada siswa secara ekskul", kata Kurnia dengan nada bangga.

Namun, dibalik rasa bangga akan tingginya kepercayaan masyarakat terhadap SD Negeri Jatiroke II, Kepsek Kamal Kurnia tetap merasa prihatin terhadap kondisi sekolah yang bertahun-tahun tidak memiliki perpustakaan. Ia sangat berharap Pak Kadisdik Sumedang H. Dian Sukmara bisa menurunkan bantuan  pembangunan ruangan perpustakaan untuk SD Negeri Jatinangor II.

Jurnalis : Tatang Tarmedi
Editor     :  MR