Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kades Surian, Pantang Bentuk Kepemimpinan di Hari Sabtu

Karto Ganda Permana, Kades Surian Kecamatan Surian Kabupaten Sumedang

 

SUMEDANG, SundaRayaNews.Com-- Diantara masih banyak orang percaya tentang pantangan para leluhur, Kepala Desa Surian Kecamatan Surian Kabupaten Sumedang Jawa Barat, Karto Ganda Permana, salah satu diantaranya. Kades Karto tidak pernah membentuk kepemimpinan lembaga dalam pemerintahan desanya  di hari Sabtu. Menurut kepercayaannya, pantangan itu telah ada di zaman kerajaan Sumedang.


Berbicara dengan Jurnalis Media Online Sunda Raya News. Com di ruangan kerjanya pada Kamis (14/12), Kades berkumis tebal ini sering merasakan ketika membentuk kepemimpinan di hari Sabtu, selalu saja beriringan dengan beragam permasalahan, " Makanya, saya pantangkan,  hari Sabtu, bukan hari untuk membentuk kepemimpinan," ungkapnya.


Tidak hanya dalam membentuk kepemimpinan, Kades Surian dua periode ini juga merasakan pada hal lainnya, " Bila saja memulai pekerjaan pembangunan di hari Sabtu, selalu saja muncul masalah. Misal, susah mencari pekerja, kerja lama selesainya dan kendala-kendala lainnya. Bahkan, untuk mencairkan uang juga, tidak harus di hari Sabtu. Cari hari lainnya lagi, " ujarnya lagi.

Kades pada periode keduanya meraih 1016 suara ini sangat percaya pada hal-hal beraroma mistik seperti pantangan-pantangan. Di setiap milangkala Desa Surian, pada tanggal 29 bulan 9 tiap tahunnya, ia suka mewajibkan dirinya untuk menziarahi makam leluhur Desa Surian, " Ketua adatnya saya bentuk. Supaya nete taraje nincak hambalan",ungkapnya

Jurnalis       :   Tatang Tarmedi
Editor          :    MR