Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hari Disabilitas Internasional Momentum Bangun Kemandirian dan Produktivitas


SUMEDANG, SundaRayaNews.Com - Pemda Kabupaten Sumedang menggelar Gebyar National Paralympic Commite Indonesia (NPCI) sekaligus memperingati  Hari Disabalitas Internasional 2023 di lapangan parkir Diparbudpora dan MPP, Kamis, (14/12/2023).


Pj Bupati Herman Suryatman membuka Gebyar NPCI sebagai apresiasi kepada  para atlet NPCI Sumedang yang telah mengharumkan nama baik di berbagai perlombaan.


Pj. Bupati Herman mengatakan, disabilitas jangan sampai dipandang sebagai sebuah kendala  tetapi harus dijadikan sebagai sebuah tantangan bahwa disabilitas memiliki potensi yang luar biasa untuk membangun
kemandirian dan produktifitas.

"Penyandang disabilitas memiliki potensi luar biasa, tugas kita adalah mengasah potensi warga disabilitas agar menjadi pribadi yang mandiri dan produktif. Bahkan Lebih jauhnya berkontrbusi dalam berbagai aktivitas kemasyarakatan termasuk bidang olahraga," kata Herman.

Menurut Herman, Pemda Kabupaten Sumedang sangat konsern dan memberikan atensi besar terhadap para penyandang disabilitas. Peringatan Hari Disabilitas,  harus ada peningkatan pelayanan yang makin bersahabat termasuk kepedulian dari segenap apartur pemerintahan.

 "Konsolidasikan apa yang bisa difasilitasi kepada para penyandang disabilitas. Misalnya dari sisi fasilitas pelayanan yang ramah disabilitas  di MPP dan PPS. Saya intruksikan Kadis Sosial membuat surat edaran, berkoordinasi dengan camat hingga kepala desa untuk memberikan kepedulian khusus bagi kaum disabilitas," ujar Herman


Sementara itu, Ketua Pelaksana Kegiatan Neneng Kurniasih mengatakan,  kegiatan ini menjadi ajang apresiasi bagi para penyandang disabilitas berprestasi di Kabupaten Sumedang. Gebyar NPCI  menjadi ajang untuk menjaring  minat dan bakat para penyandang disabilitas untuk untuk bergabung bersama NPCI.  

"Ke depannya bisa mengharumkan nama baik Sumedang. Di NPCI itu ada beberapa cabor mulai dari atletik, badminton, panahan, renang, catur, voli duduk dan lain - lain", ungkap Neneng

Jurnalis : Ghalih C ( IWOI SMD) / Hms
Editor    : MR