Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tingkatkan Jalan Usaha Tani Melalui Program PKT Desa Sahbandar Majalengka


Tete ( baju kemaja merah) Kades Sahbandar membatu pekerjaan dalam kegiatan Program PKT. selasa (14/11/2023)
 

MAJALENGKA, SundaRayaNews.Com - Program Padat Karya Tunai Desa (PKTD) di Pemerintah Desa Sahbandar Kecamatan Kertajati Kabupaten Majalengka mulai berjalan. Selasa ( 14/11)


Program PKTD Desa Sahbandar tersebut diwujudkan Pemdes  melalui kegiatan peningkatan jalan usaha tani (JUT) di Blok Jabir sepanjang 600 meter dan lebar 3 meter, dari anggaran APBD Tahun 2023.

Program PKT ini melibatkan leading sector beberapa dinas, seperti Dinas Ketenaga Kerjaan Usaha Kecil Menengah, Dinas DKP3, Dispora, dan DPMD.

Program ini merupakan program langsung yang pegelolaannya dilaksanakan oleh kelompok masyarakat. Bertujuan untuk memberdayakan masyarakat  majalengka sebagai bentuk perhatian bupati terhadap masyarakatnya. Hal ini dikatakan Tete Kades Sahbandar.

Kegiatan pembangunan Jalan Usaha Tani di Blok Jabir dari Program Padat Karya Tunai Desa Sahbandar

 

"Kami fokus untuk pengerjaan jalan usaha tani, karena JUT yang ada dilokasi  blok jabir nantinya bisa mendongkrak perekonomian bagi 6 kelompok tani hutan, kisaran area lebih dari 1180 ha yang bisa memanfaatkan akses JUT ini. Di area ini kami punya target yang harus selesai 1000 meter", ujar Kades

Tete, "Untuk sekarang kalau sesuai dengan spek baru bisa mengcover 540 meter. tetapi atas hasil kesepakatan karena di desa kami ada 6 rt, biar bagiannya sama maka ditambahlah 60 meter. Untuk bagianya sama rata per RT 100 meter dan jangka waktu pekerjaan12 hari", katanya

Masih dikatakan Tete, "Setelah fungsi nanti masyarakat bisa mengurangi biaya operasional pra panen serta paska panen. kalau dulu untuk 1 karung padi hasil panen harus punya bazet 15 ribu untuk ongkos angkut nanti dengan pungsinya JUT ini cukup 5000 / karung berati 10000 nya nanti bisa untuk  menabung atau keperluan lain nya",tandasnya

Tete berharap, untuk kedepan sisanya yang belum dikerjakan bisa berlanjut. Sedangkan untuk masalah teknisnya tergantung Pemda.

Tete mengucapkan rasa terimakasih kepada Bupati Majalengka, diakhir masa jabatannya memberikan bantuan yang sangat berarti, berguna serta bermanfaat dan bisa mendongkrak roda perekonomian masyarakat Desa Sahbandar khususnya.

Informasi Kendaraan yang mengangkut material untuk pembangunan JUT Desa Sahbandar, mengalami kecelakaan tertabrak dari belakang oleh kendaraan lain di Jalan Tol Cisumdawu, di wilayah Cacaban Conggeang.

Pihak Pemdes Sahbandar sudah mempersiapkan semua untuk penyelesai maslah ini, dan untuk proyek PKT berjalan kondusif

Jurnalis : Abdul Haris
Editor    : Red






 ,