Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perguruan Silat Terbesar Di Jawa Barat Adakan UKT Tingkat Lanjutan


BANDUNG, SundaRayaNews.Com - Pengurus daerah Jawa Barat dari Perguruan Silat Tadjimalela telah sukses mengadakan ujian kenaikan tingkat lanjutan 1 di Padepokan Pusat Tadjimalela Cilengkrang Kota Bandung pada hari Sabtu kemarin.

Tadjimalela sendiri merupakan Perguruan Silat terbesar di Jawa Barat, didirikan oleh Guru Besar bernama R.Djadjat Koesoemah Dinata atau akrab di panggil Djadjat Paramor.


Perguruan yang Jumlah Anggota nya Jutaan dan tersebar di seluruh Nusantara dan Luar Negeri ini untuk pertama kalinya mengadakan UKT tingkat lanjutan 1 yang dimana kegiatan tersebut sukses di selenggarakan oleh Pengurus DPD Tadjimalela Jawabarat.

“Ujian Kenaikan tingkat ini merupakan bagian dari tahapan pengkaderan dan penggemblengan dalam rangka meningkatkan kualitas akhlak, fisik, mental, spiritual serta penguasaan materi yang telah di pelajari selama berlatih,” ujar Kang Ari Ketua DPD Tadjimalela Jawa Barat saat ditemui awak media pada hari ini, Senin (06 November 2023).

Kang Ari menjelaskan bahwa kegiatan tersebut ditujukan untuk para anggota yang telah mengikuti penetapan sabuk sebagai pesilat dasar 4 dan merupakan kaderisasi pelatih dari tiap Kabupaten / DPC Tadjimalela dari tiap daerah.

Para peserta diuji tentang beberapa jurus pamungkas Tadjimalela, arti lambang Perguruan, makna dari Panca Darma yang menjadi pilosofi dan marwah perguruan serta penguatan Tatali Batin antar sesama anggota PS. Tadjimalela. Sementara materi fisik/mental, para Pendekar menguji mereka dengan bermacam metode, seperti menguji kesetiaan kepada perguruan, Sparing dan semacamnya.

Ditemui terpisah Teh Nuke, Ketua umum Perguruan Silat Tadjimalela Pusat menambahkan, bahwa Perguruan Silat Tadjimalela sendiri yang telah melahirkan ribuan Atlet berprestasi baik di tingkat daerah, Nasional, Asia bahkan sampe juara dunia ini akan terus berusaha membawa Tadjimalela lebih baik lagi dan semakin mengembangkan sayap juara Gagak Tadjimalela.

"Setelahnya nanti, saya berharap agar para Pendekar Tadjimalela ini bisa selalu mengabdi kepada umat dan Bangsa. termasuk tawadhu’ dan mengedepankan akhlaqul karimah", Imbuh Teh Nuke.


Selain acara UKT kegiatan tersebut dilanjutkan esok harinya degan acara haul untuk mendoakan R.Djadjat Koesoemah Dinata selalu Guru Besar dan juga pendiri Perguruan Silat Tadjimalela yaitu R. Iyan Kosoemah Dinata kakak dari sang Guru besar yang juga pernah menjabat sebagai Ketua umum Tadjimalela pusat.

Sumber : Ketua Umum Tadjimalela  Ciamis sekaligus Ketua IWO Indonesia DPD Ciamis / H. Indra Negara

Jurnalis : Ghalih Chahyadi (IWOI)
Editor    : Red