Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tujuh Kilometer Lagi Jalan Desa Cigendel Akan Diperbaiki Secara Bertahap

H Mulyana Kepala Desa Cigendel Kecamatan Pamulihan Kabupaten Sumedang

SUMEDANG, SundaRayaNews.Com --  Tidak kurang dari 7 km  lagi status jalan desa di Desa Cigendel Kecamatan Pamulihan Kabupaten Sumedang Jawa Barat  secara bertahap akan dibangun / diperbaiki. Demikian diungkapkan H. Mulyana, Kepala Desa Cigendel kepada Jurnalis Media Online SundaRayaNews.Com, Senin (16-10-2023 ).


Jalan Desa Cigendel antara Caringin - Cikohkol yang baru diperbaiki

Dari Dana Desa (DD) Tahap II Tahun 2023, kata H. Mulyana,  belum lama ini  telah direalisasikan pembangunan rabat beton Jalan Caringin-Cikohkol sepanjang 400 meter lebar 4 meter ketinggian 10 cm " Sebelumnya,  diantaranya telah direalisasikan pula pembangunan jalan Sukalilah dan Cigergadung, " ungkapnya lagi.

H. Mulyana merinci penerapan DD Tahap II Tahun 2023, salah satunya 20 persen untuk Ketahanan Pangan. Adapun sub kegiatan Program Ketahanan Pangan itu sendiri, kata Kades Mul, mencakup Teras Hejo dengan melibatkan dua Kelompok Wanita Tani (KWT), Jalan Usaha Tani dan pengembangan ternak domba menyebar di empat kelompok ternak.                  

Pemdes Cigendel, di bawah kepemimpinan Kades H. Mulyana, diantaranya telah berhasil memberdayakan BUMDes.  BUMDes Maju Mandiri  Desa Cigendel, mulai menggeliat dengan menjalankan beberapa program usaha. Berkat kedinamisannya itu, BUMDes Cigendel beberapa  kali jadi kunjungan  study banding bagi desa - desa lain dari luar Kabupaten Sumedang.

Foto : BUMdes Maju Mandiri Desa Cigendel

Menurut sumber dari salah seorang perangkat desa yang enggan disebut namanya,  keberhasilan Bumdes Maju Mandiri selama ini tidak lepas dari  program-program usaha yang telah dijalankan dan efisiensi penyerapan bantuan dari pemerintah dan  CSR swasta.

" Adapun bidang usaha lama masih berjalan, diantaranya sewa panggung. Sedangkan usaha  akan dijalankan, diantaranya pemanfaatan tanah kas desa. Tapi, keberadaan BUMDes belum  untuk menambah kesejahteraan perangkat. Hanya untuk melengkapi sarana dan prasarana Bumdes itu sendiri saja,"  ungkap sumber.

Jurnalis          :  Tatang Tarmedi
Editor             :   Redaksi