Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penjabat Bupati Sumedang dan Forkopimda Tinjau Bendung Cariang Ujungjaya


SUMEDANG, SundaRayaNews.Com - Pj Bupati Sumedang Herman Suryatman didampingi Forkopimda meninjau Bendung Cariang di Desa/Kecamatan Ujungjaya. Bendung Cariang ini membendung Sungai Cipelang dan mengairi 1.603 hektare sawah di sembilan desa di Ujungjaya. Bendung Cariang yang dibangun tahun 1911 ini jebol dilanda banjir bandang.


Penanganan sementara supaya air Sungai Cipelang bisa masuk ke intake irigasi dibuat tanggul darurat. Pembuatan tanggul darurat supaya air Sungai Cipelang masuk ke saluran irigasi sehingga saat musim semai bulan November nanti sudah bisa dimulai. Sumber pendanaan dari CSR Bank Sumedang Rp 10 juta, Bank bjb Rp 20 juta serta partisipasi masyarakat 9 desa di Ujungjaya.

"Pemerintah daerah sedang beriikhtiar semaksimal mungkin Bendung Cariang ini bisa diatasi dan ditangani. Saya sudah menugaskan Pj Sekda Tuti Ruswati ke Kementrian PUPR untuk berkonsultasi,” kata Herman.

Menurutnya, pihaknya juga melaporkan tentang Bendung Cariang ini ke Pemprov Jabar. “Ini sedang kami ikhtiarkan saya juga akan lapor ke Pak Gubernur Jawa Barat dan akan komunikasi lanjutan dengan kementrian," ujarnya.

Herman menyebutkan pemerintah daerah melalui Dinas PUTR  sedang menyiapkan skenario jangka pendek supaya saat musim tanam November nanti air bisa mengairi lahan pertanian. “Skenario jangka pendek disiapkan bronjong untuk tanggul sehingga suplai air masuk ke intake irigasi,” katanya.


Sementara itu AKBP Indra Setiawan mengatakan, akan mendukung langkah-langka yang akan dilakukan Pemkab Sumedang. "Ini memang perlu langkah untuk segera dan butuh dukungan semua pihak. Mudah-mudahan tadi disampaikan Pak Bupati ada solusi jangka pendek dan jangka panjangnya," kata Kapolres Sumedang.

Dandim 0610 Sumedang  Letkol Kav. Christian Gordon Rambu, akan terus mendukung upaya-upaya yang dilakukan pemerintah daerah. "Apalagi ini untuk kesejahteraan masyarakat, semoga langkah ini bukan hanya untuk mencari publikasi semata tetapi ini benar-benar untuk kesejahteraan masyarakat. Kita akan dukung terus," katanya.

Jurnalis : G Chahyadi ( IWOI) / hms
Editor     : Red