Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Panwaslu Kecamatan Cisitu Gelar Kegiatan Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Untuk Pemilu 2024


SUMEDANG, SundaRayaNews.Com - Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kecamatan Cisitu Kabupaten Sumedang mengadakan kegiatan Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif. Bertempat di GOR Desa Situmekar, Senin (2/10 ).


Kegiatan tersebut dihadiri oleh Pemilih pemula, Ormas dan OKP, Ormas Islam, Masyarakat Hukum Adat, Pimpinan Pondok Pesantren, Guru, Mahasiswa dan Disabilitas.


Ketua Panitia  Ade Suhendar, S. E menyampaikan kegiatan sosialisasi pengawasan Pemilu tingkat kecamatan Cisitu dititikberatkan pada pengawasan partisipatif yaitu pelibatan masyarakat melalui pemahaman mengenai terjaganya hak pilih masyarakat dan masyarakat mengetahui mengenai pentingnya  pemilu dan pengawasan Pemilu.

Kemudian ketua Panwaslu kecamatan Cisitu Prabudi El Taufan Sujana menambahkan Sosialisasi pengawasan partisipatif pemilu merupakan bagian dari mengawal proses demokrasi yaitu tugas dari kita bersama, untuk mewujudkan pemilu berkualitas karena pelibatan masyarakat merupakan tonggak penting supaya demokrasi dapat berjalan dengan baik.

 Dalam sambutannya  ketua Bawaslu kabupaten Sumedang Ade Adrianta Sinulingga, S. T. P menyampaikan, pengawas partisipatif ini sangat diperlukan untuk mengantisipasi terjadinya pelanggaran dalam tahapan pemilu 2024.


"Melalui pengawasan partisipatif, kami mendorong kalangan anak muda yakni mahasiswa, pelajar dan santri punya kepedulian untuk terlibat tidak hanya dalam menggunakan hak pilih dalam kegiatan pemungutan suara, namun juga mendorong mereka bisa turut melakukan pengawasan di setiap tahapan pemilu," kata Ade

Kegiatan tersebut dihadiri juga oleh pimpinan Bawaslu bidang Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat Taufik Hidayat, S. Pd, Forkopimcam kecamatan Cisitu dan narasumber Dr. Dadang Priyatna, M. Si dan Minnatillah, S. PdI., M. Pd.

Jurnalis : Encep Iman HS
Editor    : Red