Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dandim 0610/Sumedang Berikan Arahan Pada Pelatihan Gladi Posko dan Gladi Lapangan


SUMEDANG, SundaRayaNews.Com – Dandim 0610 Sumedang, Letkol Kav Christian Gordon Rambu M.Si(Han) menjadi Inspektur Upacara sekaligus memberikan arahan pada pelatihan Gladi Posko dan Gladi Lapangan dalam rangka penanggulangan mengurangi risiko bencana serta pencegahan dan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana di wilayah Kabupaten Sumedang.


Upacara, bertempat di Markas Kodim 0610 /Sumedang jalan Pangeran Kornel 164 Kelurahan Pasanggrahan Baru Kecamatan Sumedang Selatan Kabupaten Sumedang, pada Selasa 31 Oktober 2023.


Dandim 0610/ Sumedang  menyampaikan, bahwa tugas dalam rangka mengantisipasi dan menanggulangi bencana alam ini bukan hanya tugas TNI, Pemda atau BPBD saja.


“Tugas ini adalah tugas bersama dan harus saling bahu membahu dalam menjalankannya,” kata Dandim 0610/Smd

“Semua kegiatan harus sinergis dan tidak boleh berjalan sendiri-sendiri, dengan keyakinan bahwa tugas penanggulangan bencana adalah tugas kita semua, maka kemungkinan besar tugas ini akan maksimal,” ujarnya.

Dalam kegiatan hari ini juga akan dilatihkan tentang komunikaksi sehingga dilapangan tidak terjadi miskomunikasi, belajar mengetahui kemampuan dinas/instansi masing-mading.

Dan, belajar kemampuan Introfeksi diri pribadi masing-masing.

Sementara itu, Kepala BPBD Kabupaten Sumedang Bapak Atang Sutarno mengatakan, ya sekarang adalah suatu kegiatan dalam rangka menghadapi atau kesiapsiagaan menghadapi bencana baik itu kebakaran ataupun bencana dan longsor kita mengadakan gladi yaitu gladi posko dilapangan.

“Untuk pemaparan materi ini kita akan disampaikan oleh tim teknis baik dari kepolisian, TNI maupun unsur lainnya,” kata Kepala BPBD tsb.


“Nanti prakteknya kita akan langsung dilapangan di citengah nanti kita akan tahu  bagaimana siapa Berbuat apa di lapangan dalam rangka menghadapi bencana,” ujarnya.

“Tadi disampaikan oleh kita akan bersimulasi seolah-olah kita dalam menghadapi suatu bencana terutama bencana masalah bencana basah yaitu terutama longsor dan bencana,” tuturnya.

Sedangkan untuk peralatan itu sendiri kita melibatkan semua unsur baik itu dari BPBD sendiri TNI/ Polri, Damkar, PMI dan yang lainnya kita turunkan semua.

Jurnalis : Kusnadi /pendim 0610
Editor    : Red