Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pelatihan Kolaborasi PKM Universitas Persada Indonesia Y.A.I bersama UMKM Jawara Depok


DEPOK, SundaRayaNews.Program kemitraan masyarakat atau PKM dibawah naungan Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRPM) Ditjen Penguatan Risbang Kemenristekdikti . PKM merupakan  Salah satu upaya dan harapan  untuk melaksanakan program pengabdian yang problem solving, komprehensif, bermakna, tuntas, dan berkelanjutan (sustainable) dengan sasaran yang tidak tunggal.


Kolaborasi Tim PKM Universitas Persada Indonesia Y.A.I  bersama UMKM kuliner Jawara Depok yang merupakan Mitra mengambil tema “UMKM Kuliner Jawara Depok  Menuju Tranformasi Digital Dalam Menghadapi Tantangan Era Revolusi Industri 4.0”. Tujuan kegiatan PKM ini  untuk meningkatkan UMKM Kuliner Jawara Depok menuju transformasi digital yang profesional, produktif , kreatif dan be entrepreneurial dengan dukungan pemasaran digital dan sertifikat halal dalam menghadapi tantangan Era Revolusi Industri 4.0.  


Tim PKM Universitas Persada Indonesia Y.A.I yang diketuai oleh Nafisah Yuliani, S.Pt, MM  dengan anggota Ir. Essy Malays Sari Sakti. MMSI dan Dian Gustina, Skom, MMSI  dalam pelaksanaan kegiatan dibantu oleh empat mahasiswa, yaitu Annisa Syaidina Irwanto (Fakultas Ekonomi Dan Bisnis ,prodi Akuntansi),  Brigitha Agnes Prasetyo (Fakultas Ekonomi Dan Bisnis ,prodi Manajemen), Audy Aindira (Fakultas Teknik- Prodi Sistem Informasi ) dan Eveline Nazirah Kertapradja (Fakultas Teknik- Prodi Sistem Informasi).

Kegiatan pelatihan terdiri atas pelatihan tahap 1 dan pelatihan tahap 2. Kegiatan pelatihan tahap 1 dilaksanakan pada tanggal 18 Agustus  2023 dengan 4 pelatihan dan bimbingan teknis, yaitu memotivasi pelaku UMKM untuk sukses dengan strategi pemasaran digital dan pandai melihat peluang bisnis , pelatihan ecommerce sebagai media pemasaran dan penjualan, pelatihan pembuatan laporan keuangan dengan menggunakan excel dan Manajemen pengembangan produk menggunakan metode Scamper.


Kegiatan pelatihan tahap 2 dilaksanakan pada tanggal 22 September 2023 bertempat di Aula Kecamatan Cinere Depok. Pada pelatihan kali ini ada 4 pelatihan dan bimbingan teknis yang dilakukan, yaitu Pelatihan tentang Perinzinan untuk legalitas UMKM yang disampaikan oleh Abba Zubair Al Awwa (Jawara Depok), Pelatihan Vidiography dan Menjadi Conten Cerator (Pemula) yang disampaikan oleh  Efaningsing, A.MD (CEO Denbagus TV), dan Pelatihan Kreasi Kuliner dengan menggunakan Ampas Tahu yang disampaikan oleh Ir. Essy Malays Sari Sakti, MMSI  (Tim Dosen) dan Pelatihan Branding Produk Kuliner & Pembuatan Variasi Produk dengan Creeper Maker yang disampaikan oleh Nafisah Yuliani, S.Pt,MM  (Tim Dosen)

Target dari pelatihan perijinan UMKM adalah UMKM kuliner Jawara Depok memenuhi target 80-90% dalam produk yang dihasilkannya sudah mempunyai sertifikasi halal. Target dari pelatihan  pembuatan vidiography  dan menjadi conten creator   (pemula) adalah UMKM kuliner Jawara Depok mampu bersaing dalam promosi, desain kemasan, konten kreatif, videography dan pemasaran yang akan berimbas naiknya omzet penjualan.


Target pelatihan branding adalah UMKM kuliner Jawara Depok memahami bahwa sebuah brand yang baik  akan menciptakan kesan dan sebagai salah satu cara untuk mengkomunikasikan pesan dari sebuah produk bisnis kepada para konsumennya baik itu secara kualitas produk maupun kuantitas produk .

Dalam adanya Brand atau merek produk UMKM, maka jangkauan pasar lebih luas, pemasaran meningkat dan omzet penjualan akan meningkat dan berdampak  pada meningkatnya pendapatan. Pelatihan Kreasi kuliner dengan ampas tahu adalah bagian dari  inovasi dan kreatifitas  dalam variasi produk  agar UMKM kuliner Jawara Depok punya produk lain yang bisa dijual.

Penggunaan alat creeper maker untuk produk olahan ayam akan menjadikan pekerjaan  UMKM kuliner Jawara Depok menjadi efektif dan efisien dalam menghasilkan aneka produk olahan ayam.

Penulis : Nafisah Yuliani, S.Pt,MM (Dosen Universitas Persada Indonesia Y.A.I)
Email : nafisahyuliani15@gmail.com