Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

KTH Taruna Tani Gunung Geulis Jalankan Program Kebun Bibit Rakyat


SUMEDANG, SundaRayaNews.Com --  Balai Pengelolaan Das Citarum Ciliwung Direktorat Jenderal  Pengelolaan Das dan Rehabilitasi Hutan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan turunkan bantuan kepada Kelompok Tani Hutan  (KTH) Taruna Tani Gunung Geulis di Desa Jatiroke Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang Provinsi Jawa Barat untuk program Kebun Bibit Rakyat.


Menurut Saepudin, Ketua KTH  Taruna Tani Gunung Geulis kepada awak Media Online SundaRayaNews.Com pada Sabtu (30/9), program sedang berjalan dengan pembibitan tanaman keras berupa Sengon ( Albizia chinensis) sebanyak 32.000 batang dan  Gamelina (Jati Putih) 2000 batang. Vegetatifnya  berupa tanaman alpukat 500 batang dan Petai 500 batang. Ditambah bibit di luar paket KBR, bersumber dari swadaya kelompok, berupa 15.000 bibit kopi.


Dikatakan Saepudin, bantuan tadi berawal dari Dana Aspirasi salah seorang Anggota DPR RI Komisi IV, yaitu Dr. H. Sutrisno SE, MSi, " Sebuah solusi tidak terduga, Dana Aspirasi masuk ke Gunung Geulis. Tahun ini pun, Pak Trisno mengawal program penurunan bibit kopi melalui Dinas Pertanian untuk ketersebaran pada areal 12 hektar di sekitar Gunung Geulis untuk menunjang Program Desa Edukasi Wisata Agro (DEWA), " ujarnya.


Saepudin bersyukur, ketika ia bersama forumnya dari awal bertekad untuk menghijaukan Gunung Geulis dan membangun Ruang Terbuka Hijau (RTH) sebagai mandat dari PT Kahatex, tidak kesulitan untuk mencari sumber benih dan bibit, " Termasuk yang sedang kita jalankan sekarang. Sekali lagi, kami ucapkan terima kasih,  terutama kepada Pak Trisno yang telah memberi bantuan melalui Dana Aspirasi untuk pembibitan, " ujar Saepudin. Ungkapan rasa terima kasih pun disampaikan Saepufin untuk perusahaan Biosaltamak, telah bekerja sama dalam memperlancar pembibitan dengan memberi pupuk organik penyubur tanah.

Jurnalis               :  Tatang Tarmedi
Editor                  :   Red