Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bangunan SDN Sabagi Terlantar Bertahun - tahun Menunggu Relokasi

Satu ruangan kelas tidak digunakan karena atapnya hampir roboh

SUMEDANG, SundaRayaNews.Com --  Masuk wilayah lintasan Tol Cisumdawu, SDN Sabagi di Desa Ciherang Kecamatan Sumedang Selatan Kabupaten Sumedang , Provinsi Jawa Barat, rencana akan direlokasi.


Namun  selama bertahun-tahun, belum ada titik terang kapan dan kemana relokasi akan dilaksanakan. Selama itu pula, bangunan SDN Sabagi seperti terlantar, tidak tersentuh bantuan pemeliharaan.


 Bangunan SDN Sabagi amburadul dibiarkan tanpa bantuan perehaban

Januar Ikhsan, Kepala SDN Sabagi, ketika ditemui awak media SundaRayaNews.Com, Selasa (12/9) mengatakan, sedikitnya ada empat ruang kelas dalam kondisi rusak parah. Ruangan-ruangan tadi sangat riskan digunakan untuk belajar, " Ruang kelas itu tidak kami gunakan, siswa belajar gunakan ruangan sebelah baratnya. Tidak boleh tidak, karena relokasi belum tentu kapan dilaksanakan, pihak terkait harus turunkan bantuan untuk perbaikan, " ujarnya.

Kepsek SDN Sabagi Desa Ciherang Kecamatan Sumedang Selatan

 

Selama ini, lanjut Kepsek Ikhsan, siswa tidak terpengaruh dengan parahnya  kondisi bangunan. Mereka semangat belajar. Bahkan, katanya, beberapa siswa masih bisa mendulang prestasi, " Pada OSN kemarin, SDN Sabagi raih juara di tingkat Kabupaten untuk Senam Artistik. Padahal, proses latihannya gunakan matras butut dan kayu-kayu bekas. Masih banyak presrasi lainnya, " ujar kepsek.


 Kondisi WC tidak layak pakai

Kepsek Ikhsan merasa tergugah melihat guru-guru dan peserta didiknya  tetap antusias mengajar dan belajar dengan kondisi sarana dan prasarana  amburadul, " Mereka masih gotong royong penuh kebersamaan. Malahan, pada bulan suci Ramadhan, masih bisa tazil bersama. Saling berbagi. Kami tetap sabar. Dari Disdik Sumedang pernah datang ke sini. Mudah-mudahan beliau bisa melihat kondisi sebenarnya dan mengulurkan kebijakannya untuk SDN Sabagi, " kilahnya.

Jurnalis   : Tatang Tarmedi
 Editor        : Red