Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

SDN CIKUDA JATINANGOR BUDAYAKAN TURING HALOMAH


Sumedang, Sundarayanews.com -- Untuk membentuk  sikap dan perilaku siswa, SDN Cikuda, satu-satunya sekolah  SD penggerak di Kecamatan Jatinangor  Kabupaten Sumedang, rutin menggelar pembiasaan bertajuk ' Turing ' dan ' Halomah '. Turing digelar setiap hari Sabtu. Sedangkan Halomah, dijalankan saban hari.



Kepala SDN Cikuda, Engkim Sakim S.Pd, membeberkan program pembiasaan Turing, berarti Sabtu Berkeringat. Siswa diajak untuk bersenam di halaman sekolah. Seperti, Senam Aerobik, simpati dan senam Profil Pancasila. Turing pun dilakukan dengan berkeliling di luar lingkungan sekolah. Siswa diajak untuk jalan-jalan ke wilayah perkampungan sekitar sekolah.

Dengan pembiasaan ini, kata Kepsek kelahiran 1972 ini, siswa dapat mengurai kejenuhan belajar dalam ruangan kelas. Selain itu, katanya, diharapkan dapat menumbuhkan siswa-siswa berjiwa disiplin, pantang menyerah dan menjungjung tinggi nilai-nilai sportifitas.


Sedangkan Halomah, lanjut Kepsek, berarti Dhuha Lohor Berjamaah. Pembiasaan ini diharapkan dapat membentuk karakter siswa yang selalu menjaga kualitas keimanan dan akhlak baik. Dengan dilakukan secara berulang-ulang, harap Kepsek,  pembiasaan tadi bisa masuk pada sendi-sendi kepribadian siswa.  Anak bisa lebih berkomunikasi  dan terjadi hubungan harmonis dengan orangtuanya.

(Tatang Tarmedi)