Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kolaborasi Tim PKM Universitas Persada Indonesia Y.A.I Bersama Jawara Depok Melalui Pelatihan-Pelatihan Bagi UMKM Kuliner Jawara Depok

Foto bersama pak Sekcam, Narasumber dan peserta pelatihan
 

DEPOK, SundaRayaNews.Com - Program Kemitraan Masyarakat atau PKM dibawah naungan Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRPM) Ditjen Penguatan Risbang Kemenristekdikti .


PKM merupakan  Salah satu upaya dan harapan  untuk melaksanakan program pengabdian yang problem solving, komprehensif, bermakna, tuntas, dan berkelanjutan (sustainable) dengan sasaran yang tidak tunggal.


Lewat program inilah, setiap dosen yang menjalankan pengabdian bisa mendorong masyarakat untuk mendapatkan perbaikan perekonomian lewat kegiatan  wirausaha. Sehingga bisa memiliki usaha sendiri sekaligus membuka lapangan pekerjaan secara luas.

Jawara Depok adalah komunitas jaringan wirausaha Kota Depok yang concern terhadap pengembangan UMKM di Kota Depok. UMKM binaannya ada yang menjadi binaan Pemda Depok dan ada yang belum.

UMKM yang belum banyak mendapat binaan ini yang akan jadi target kegiatan PKM ini, yaitu di daerah Kecamatan Limo, Kecamatan Beji dan Kecamatan Cinere . Saat ini Jawara Depok memiliki 5000 anggota se-Kota Depok.yang berasal dari 11 kecamatan dan 63 kelurahan. Dari 5000 anggota tersebut antara 80%-90% bergerak di bidang kuliner.

Melihat potensi tersebut, Tim PKM dari Universitas Persada Indonesia Y.A.I diketuai oleh Nafisah Yuliani, S.Pt, MM Bersama  Ir. Essy Malays Sari Sakti, MMSI dan  Dian Gustina, S.Kom, MMSI berinisiatif untuk membantu meningkatkan UMKM Jawara Depok melalui kegiatan pelatihan-pelatihan dengan tema:  UMKM Kuliner Jawara Depok  Menuju Tranformasi Digital Dalam Menghadapi Tantangan Era Revolusi Industri 4.0.

Sebanyak 35 orang  UMKM Jawara Depok yang mewakili daerah Cinere,Limo dan Beji telah hadir pada acara pelatihan pada tanggal 18 Agustus 2023 yang bertempat di Kantor Kecamatan Cinere Depok.Kegiatan ini dihadiri oleh Bapak Sekretaris Camat Cinere, Bapak Bachtiar. Kegiatan pelatihan ini juga disiarkan secara live streaming melalui channel Denbagus TV  

Tujuan kegiatan PKM ini  untuk meningkatkan UMKM Kuliner Jawara Depok menuju transformasi digital yang profesional, produktif , kreatif dan be entrepreneurial dengan dukungan pemasaran digital dan sertifikat halal dalam menghadapi tantangan Era Revolusi Industri 4.0. Kegiatan Buelatihan terbagi dalam beberapa tahap.   


Pada Tahap pertama pelatihan tentang Laporan Keuangan Untuk UMKM oleh Ubaidillah,  SEI (Ketua Jawara Depok), Memotivasi Pelaku UMKM Untuk Sukses Dengan Strategi Pemasaran Digital dan Pandai Melihat Peluang Bisnis Oleh Dian Gustina,S.Kom,MMSI (Tim Dosen), Manajemen Pengembangan Produk Menggunakan Metode Scamper oleh Triwahyu Wibowo Wicaksono,S.P (Pendamping Jawara Depok) dan Pelatihan Tentang E-commerce Sebagai Media Pemasaran Dan Penjualan oleh Ir. Essy Malays Sari Sakti,MMSI (Tim Dosen).

Kegiatan pelatihan ini  akan dilanjutkan dengan pelatihan-pelatihan selanjutnya tentang  Perijinan UMKM oleh Tim Jawara Depok, Pelatihan Videography Dan Menjadi Content Creator (Pemula) oleh Efaningsih,A.MD (CEO Denbagus TV), Pelatihan Variasi Pengolahan Makanan Dengan Bahan Baku Ayam Dan  Pengemasan Produk oleh Nafisah Yuliani, S.Pt, MM  (Tim Dosen) dan Pelatihan Pengolahan Ampas Tahu Menjadi Nugget Tahu oleh Ir. Essy Malays Sari Sakti,MMSI (Tim P Dosen)

Penulis : Nafisah Yuliani, S.Pt,MM  Dosen Universitas Persada Indonesia Y.A.I
Email : nafisahyuliani15@gmail.com
Hp : 081584085904

Editor : Red