Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gerak cepat Babinsa Desa Cilembu, Padamkan Kebakaran Lahan Kering


SUMEDANG, SundaRayaNews.Com - Kebakaran lahan gambut seluas 1 hektar di blok Ciceri Gunung Karembi di wilayah Desa Cilembu Kecamatan Pamulihan Kabupaten Sumedang, Jawa Barat terjadi pada Senin ( 21/8)


Untuk memadamkan api supaya tidak merambah ke wilayah lainnya, dengan gerak cepat Babinsa Serka Madsufi dari Koramil 1004 / Tanjungsari Kodim 0610 / Sumedang bersama Bhabinkamtibmas, Pemadam Kebakaran UPT Tanjungsari, serta warga, api bisa teratasi.


Danramil 1004/Tanjungsari Kapten Inf Agus Hermawan mengatakan, pihaknya mendapatkan informasi ada kebakaran di wilayah Binaan Teritorialnya. Sehingga, Babinsa langsung diterjunkan untuk mendatangi TKP dan membantu warga memadamkan api yang membakar lahan tersebut.

"Diketahui dari keterangan warga menyebutkan, jika awal terjadinya kebakaran saat orang tidak dikenal membakar rumput di pinggir jalan. Dan angin tiba-tiba bertiup kencang sehingga api langsung membesar dan membakar lahan tersebut," ujar Danramil.


Masih dikatakan Danramil,  Babinsa desa di wilayah tersebut, Serka Madsufi  dan anggota Koramil lainnya, bersama Bhabinkamtibmas, pemadam kebakaran  kecamatan Tanjungsari, beserta warga  setempat bergotong royong dengan mengunakan alat manual, menggunakan tongkat kayu dan alat seadanya, dikarenakan kendala TKP Jauh dari jalan, sehingga Mobil Pemadam kebakaran  tidak dapat menjangkau ke lokasi api yang membakar lahan tersebut, dan bersyukur setelah itu api bisa dipadamkan

"Kami mengimbau masyarakat sekitar untuk tetap waspada dan siaga mengantisipasi terjadinya kebakaran di sekitar lokasi, mengingat saat ini sedang musim kemarau yang rentan terjadi kebakaran hutan dan lahan," pungkas Danramil

 Penulis : Didin /Pendim