Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Doktor Dari Nagoya University Jepang Akan Berkunjung ke SMPN 4 Sumedang


 Photo : Kepala Sekolah SMPN 4 Sumedang Soni Darma Jatnika,S.Pd
 
SUMEDANG, SundaRayaNews.Com --  Pada Senin 14 Agustus 2023, DR Hanako Hagio dari Nagoya University (Meidei) Jepang bersama  para pakar pendidikan dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)  Bandung akan berkunjung ke SMPN 4 Sumedang Jawa Barat, untuk berdialog di seputar perkembangan  Lesson Study  For Learning Community (LSLC) dari aspek penerapan dan manpaatnya bagi guru.



Demikian dikatakan Soni Darma Jatnika S.Pd Bio Kepala SMPN 4 Sumedang kepada SundaRayaNews.Com. Menurut Soni, dialog di SMPN 4 Sumedang nanti akan  melibatkan kepala sekolah dan beberapa guru. Materi dialog, terkait penerapan LSLC di SMPN 4, " Setelah dari sini, tamu-tamu itu kemungkinan akan ke Dinas Pendidikan , " Ungkap Sony yang pernah diundang ke BangkokThailand untuk menidalami  Lesson Study.

Dikatakan Soni, SMPN 4 Sumedang merupakan pilot project pelaksanaan LSLC di Indonesia. Bersama dua kabupaten lainnya, yakni Bantul untuk perwakilan Jawa Tengah. Sedangkan perwakilan Jawa Timur oleh Pasuruan.  Di SMPN 4 baru berjalan dua semester. Seiring  itu pula kerjasama dengan UPI telah dilaksanakan  Pelatihan Guru  Asia untuk model Transcript Based  Lesson Analysis (TBLA).


Soni berkeyakinan bila strategi Lessom Study dijalankan semaksimal mungkin di berbagai jenjang pendidikan, mutu pendidikan di Indonesia akan lebih maju lagi. Ia sendiri berupaya terus untuk menerapkan strategi Lesson Study di sekolah-sekolah yang pernah dipimpinnya, termasuk di SMPN 1 Cibugel, SMPN 2 Cimalaka, SMPN 3 Rancakalong dan kini di SMPN 4 Sumedang. Bahkan, ketika di SMPN Cisarua, pernah mendapatkan kunjungan dari Republik Zambia Aprika Selatan.

Penulis       : Tatang Tarmedi
Editor.         : Red